Senin, 01 Maret 2010


Ilmu Sosial Dasar
Sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) mata kuliah Ilmu Sosial Dasar berikut ini adalah rangkumannya:

Pengertian dari Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosiologi, antropologi dan spikologi. Ilmu sosial dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena ilmu sosial dasar tidak mempunyai obyek-obyek metode ilmu tersendiri. Tujuan ilmu sosial dasar yaitu memehami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial yang ada pada masyarakat. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha penanggulangannya. Menyadari bahwa masalah sosial bersifat kompleks. Ruang lingkup ilmu sosial dasar ilmu sosial dasar digolongkan menjadi 3 golongan yaitu:

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial.

Penduduk masyarakat dan kebudayaan
Pertumbuhan penduduk berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk khususnya juga berpengaruh terhadap kondisi social ekonomi suatu daerah atau Negara bahkan dunia pada umumnya. Faktor-faktor demografi yang mempengaruhi penambahan/pertumbuhan penduduk disuatu daerah atau Negara adalah: Kematian dan fertilitas(kelahiran hidup)
Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan zaman batu tua dan zaman batu muda. Kebudayaan Hindu, Bhuda dan Islam : Agama hindu berasal dari india berlangsung sekitar abad ke-3 dan ke-4 dipulau jawa, Bhuda masuk sekitar abad ke-5, ajaran Bhuda dapat dikatakan berpandangan lebih maju karena tidak menghendaki adanya kasta-kasta, Pada abad ke-15 dan ke-16agama Islam dikembangkan di Indonesia oleh para pemuka islam yang disebut Wali Songo dalam proses perkembangannya agama islam juga dibawa oleh pedagang Gujarat, arab dan Pakistan. Budaya barat unsur kebudayaan barat diawali dengan kedatangan kolonialisme Belanda (VOC) yang membagi dua lapis social yaitu kaum buruh dan kaum pegawai.

Individu, Keluarga dan Masyarakat
Makna individu, manusia adalah makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisah-pisah antara jiwa dan raganya. Makna keluarga, keluarga adalah merupakan kelompok primer yang paling penting didalam masyarakat. Makna masyarakat menurut R. Liton seorang akhli antropologi mengemukakan bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dan berfikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan-batasan tertentu. Jadi makna masyarakat yaitu harus ada pengumpulan manusia, telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama dalam suatu daerah tertentu, adanya aturan-aturan atau undang-undang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama. Ciri-ciri masyarakat perdesaan di Indonesia pada umumnya: homogenitas sosial, hubungan primer, kontrol sosial yang ketat, gotong royong, ikatan sosial, magis religious dan pola kehidupan.

Manusia dan penderitaan kata penderitaan berasal dari kata sansekerta yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenagkan. Penderiotaan dan perjuangan penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia artinya sudah menjadi konsekwensi bahwa manusia ditadirkan bukan hanya untuk bahagia saja tapi juga untuk menderita, oleh karena itu manusia hidup tidak boleh pesimis harus optimis dalam menghadapi hidup. Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan jasmani dan rohani, siksaan yang bersifat psikis antara lain adalah: kebimbangan, kesepian dan ketakutan.

Manusia dan keindahan kata indah berasal dari kata indah yang artinya bagus, cantik, elok, molek dll, dan keindahan adalah konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan dalam arti luas meliputi keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual. Keindahan dalam arti etetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Keindahan dalam arti terbatas menyangkut benda yang diserapnya dengan penglihatan.

Manusia dan keadilan definisi keadilan sendiri yaitu pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban, keadilan social adalah langkah yang menentukan untuk melasanakan Indonesia yang adil dan makmur. Kejujuran berarti apa yang dikatakan oleh seseorang sesuai dengan hati nuraninya dan apa yang dikatakan sesuai dengan kenyataan yang ada. Kecurangan berarti apa yang diinginkan tidak sesuai hati nuraninya. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa banyak orang melakukan kecurangan diantaranya: factor ekonomi, factor kebudayaan, factor peradaban dan factor tenik. Pembalasan memiliki arti suatu reaksi atas perbuatan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar